Cerita Singkat Channel dan Blog JPlifesyle

Hallo, perkenalkan saya admin dari blog 'JPlifesyle - terjemahan lirik lagu enak didengar' dan sekaligus admin dari channel youtube 'JPlifesyle - channel terjemahan khusus lagu jepang terbaik'.

Saya akan menceritakan bagaimana awalnya channel dan blog ini terbentuk serta kisah selama perjalanannya :)

Bermula pada pertengahan tahun 2018 yang lalu sekitar bulan Mei 2018, saya yang saat itu sedang mengurus sebuah channel bernama "Nelyrics" secara iseng mengupload terjemahan lagu jepang. Pada saat itu respon yang didapat biasa aja,,, namun setengah bulan kemudian tiba-tiba video tersebut dibanjiri banyak views, like, dan komen.

Saya sempat heran dan begitu antusias, satu per satu saya cek komen dan banyak yang request untuk upload lagu-lagu jepang lagi. Tanpa pikir panjang mengingat banyaknya peminat lagu jepang, besoknya saya langsung mebuatkan video terjemahan lyrics yang lain dan alhasil respon yang didapat sangat luar biasa.

Hingga akhirnya sayapun mengubah konten dari lagu-lagu barat beralih ke lagu-lagu jepang. Selama 4 bulan berjalan, saya terus mengupload lagu-lagu jepang, namun pada akhirnya di tanggal 22 September 2018 channel saya "Nelyrics" dikenakan sanksi oleh pihak youtube alias monetisasinya dicabut. Karena takut akan terjadi masalah yang lebih besar lagi akhirnya saya membuat channel baru khusus lagu-lagu jepang dan memindahkan semua lagu jepang yang di nelyrics ke channel baru tersebut.

Dan channel baru tersebut adalah "JPlifesyle".

Kenapa namanya JPlifesyle? nggak ada alasan ataupun latar belakang penamaan channel tersebut, saya dulunya ingin menamainya JPlifestlye artinya 'budaya Jepang' yang dimana saya salah satu orang yang menyukai budaya Jepang termasuk lagu-lagu yang dihasilkan. Tapi karena sudah ada nama JPlifestyle dichannel lain akhirnya saya menghilangkan huruf T nya dan jadilah JPlifesyle.

Selama  5 bulan berjalan saya rutin upload lagu-lagu Jepang terbaik versi saya di channel tersebut. Dan selama 5 bulan tersebut, hari-harinya selalu mendapatkan respon yang positif dari para subscriber. Namun diawal bulan maret 2019 yang lalu channel JPlifesyle diblokir permanen oleh pihak youtube terkait pelanggaran hak cipta. Saya sebagai admin sangat down, dan pasrah 'biarlah begitu, saya gak mau melanjutkan lagi'.

Namun disaat itu juga dan beberapa hari kemudian para subscriber bertanya-tanya kemana channel "JPlifesyle", dan sayapun akhirnya membalas semua komen disalah satu channel youtube saya yang lain bahwasanya channel tersebut sudah ditutup paksa oleh pihak youtube. Namun para subscriber memohon agar dibuatkan yang baru lagi.

Setelah lama berpikir akhirnya sayapun membuat channel baru lagi dengan nama yang sama "JPlifesyle", namun lagu-lagu yang dulu sudah diupload tidak akan dipublish ulang lagi.
Untuk menghindari konten yang saya terjemahin akan sia-sia jika terjadi pemblokiran lagi, akhirnya saya buatlah blog khusus terjemahannya dan jadilah blog "JPlifesyle - terjemahan lagu enak didengar".

Itulah cerita singkat bagaimana awalanya channel dan blog JPlifesyle terbentuk dan hingga saat ini sudah berjalan selama 3 bulan, namun saya mulai serius membangunnnya dihari dimana artikel ini dibuat, tepat pada tanggal 01 Juni 2019.

Harapan saya semoga kedepannya channel dan blog ini semakin bermanfaat dan disukai banyak orang ^_^
Amin

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca halaman "Tentang" ini sampai akhir, sampai jumpa dan salam semangat buat hari-hari kalian ^_^

0 Response to "Cerita Singkat Channel dan Blog JPlifesyle"

Post a Comment